Duniakan Tapanuli tengah - Sumatera Utara

Post Top Ad

Rabu, 19 Oktober 2016

Selamat Datang di Tapanuli Tengah

Tapanuli tengah tapteng
Gapura Selamat Datang di Tapanuli tengah (Tapteng)
Selamat Datang di Tapanuli Tengah, ibukota nya adalah Pandan terletak di pantai barat provinsi Sumatera Utara. Memiliki 20 kecamatan dan 324,315 jiwa penduduk sesuai survei penduduk tahun 2014 dengan luas wilayah 2.188 Km². Mayoritas penduduknya adalah Suku Batak Toba dan Mandailing, akan tetapi suku di Tapanuli Tengah beragam mulai dari Batak, Mandailing, Nias, Jawa, Minahasa, Dayak, Bugis, Sunda bahkan ada suku dari Arab, Yaman, Cina dan sebagainya.
Pulau Mursala Tapteng
Pulau Mursala Tapteng
Kabupaten ini terkenal dengan julukan "Negeri Wisata Sejuta Pesona", dikarenakan mempunyai banyak objek wisata yang indah di Kabupaten ini, berupa wisata pulau, wisata pantai, wisata air terjun, wisata sungai dan sebagainya. Beberapa objek wisatanya telah dikenal banyak orang, contohnya Pulau Mursala yang mempunyai keunikan tersendiri, Pulau Putri yang mempunyai keindahan bawah lautnya dan Pantai yang ada di Kabupaten Tapanuli tengah yang terkenal dengan keindahan pasir putihnya serta wisata Air Terjun yang tidak kalah dengan keaslian alamnya dan banyak lagi objek wisata yang indah lainnya sehingga Kabupaten ini dijuluki "Negeri Wisata Sejuta Pesona" .
Panggang Paccak
Kuliner Panggang Paccak
Selain wisata, kuliner Kabupaten Tapanuli tengah juga beragam, berhubungan bertentanggan dengan kota Sibolga kebanyakan kuliner Tapanuli tengah memiliki kesamaan dengan kuliner Sibolga, diantaranya kuliner Tapanuli tengah adalah Panggang Paccak,Mie Gomak, Sate Dorik, Kue talam, Nasi Lamak, Kue Kocci Lappek bainti dan Sebagainya. Kuliner yang mempunyai ciri khas rasa yang membuat kangen akan Kabupaten Tapanuli tengah.
Malam Ba Inai
Budaya Malam Ba Inai
Tapanuli Tengah juga kaya dengan beragam budaya karena wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah dihuni  multi etnis yang berbaur dalam harmoni, terciptanya budaya campuran dari beberapa suku yang ada di Tapanuli tengah seperti  Suku Batak Toba dan Mandailing, akan tetapi suku di Tapanuli Tengah beragam mulai dari Batak, Mandailing, Nias, Jawa, Minahasa, Dayak, Bugis, Sunda dan Sebagainya. 

Petani dan Nelayan merupakan profesi yang menonjol di kalangan masyarakat Tapanuli tengah, dikarenakan letak kabupaten Tapanuli tengah yang berada di pinggir pantai barat Sumatera dan di selimutin gunung bukit barisan yang subur tanahnya. Dan minimnya pabrik serta lapangan pekerjaan di Tapanuli tengah menjadikan kedua profesi tersebur menjadi pilihan utama masyarakat Tapanuli tengah.
Pia Hotel Tapanuli tengah
Pia Hotel Tapanuli tengah
Semakin berkembangnya sektor Pariwisata Tapanuli tengah, semakin berkembang juga sektor pendukung pariwisata seperti perhotelan dan Cafe atau pedagang kuliner, beberapa hotel yang ada di Tapanuli tengah sudah memenuhi standar nasional seperti Pia Hotel, Pandan Carita Hotel, Marisson Hotel dan lain sebagainya. Beberapa cafe juga memiliki ciri khas kuliner ala Tapanuli tengah yang tidak bisa diremehkan seperti Vie Cafe, Irma Cafe, Cafe Kito - kito dan sebagainya.
Komunitas Fans Club Sibolga - Tapteng
Komunitas Fans Club Sibolga - Tapteng
Pemikiran masyarakat Tapanuli tengah juga mengarah kearah yang maju terutama pemuda pemudi yang selalu menciptakan kegiatan positif dengan menciptakan wadah seperti Komunitas Motor, Komunitas Fans Club dan lainya agar menghindari pemuda/i Tapanuli tengah kepergaulan yang tidak benar seperti menggunakan narkoba meminum alkohol dan kriminal. 

Selamat Datang di Tapanuli Tengah Sedikit review tentang Tapanuli tengah agar anda dapat gambaran tentang kabupaten terpelosok di Sumatera Utara yang memiliki banyak tempat wisata indah serta masyarakatnya yang ramah. Diharapkan pemerintah daerah tetap fokus dengan pembangunan di sektor Pariwisata yang akan memberikan dampak positif baik untuk daerah dan masyarakatnya. Oii Dusanak Horas Yahowuu Maju terus Tapanuli tengah (Tapteng)

# Foto dari beberapa Sumber serta dari Cerita Sibolga 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagai artikel seputar Tapanuli tengah - Sumatera Utara