Duniakan Tapanuli tengah - Sumatera Utara

Post Top Ad

Minggu, 23 Oktober 2016

Panggang Paccak Kuliner Tapanuli tengah

Panggang Paccak Kuliner Tapanuli tengah
Panggang Paccak Kuliner Tapanuli tengah
Panggang Paccak Kuliner Tapanuli tengah, salah satu kuliner yang sangat populer di pesisir Tapanuli tengah. Kuliner yang setiap kalangan menyukainya baik orang tua, remaja dan anak - anak di Tapanuli tengah menjadikan kuliner ini khas Pesisir Sibolga dan Tapanuli tengah. Selain di Tapanuli tengah kuliner ini juga populer di Kota Sibolga yang merupakan bertetangga dengan Tapanuli tengah menjadikan ada kesamaan Kuliner dan Budaya.

Ikan Panggang Paccak merupakan ikan bakar yang dioleskan racikan bumbu khas pesisir Sibolga dan Tapanuli tengah. Bumbu inilah yang membedakan dari ikan bakar. Bumbu yan diracik ala pesisir Sibolga dan tapanuli tengah ditaburkan ke ikan disaat dibakar dengan cara menepukkan bumbu tersebut menggunakan batang serai, sehingga bumbu dibakar beserta ikan tersebut. 

Untuk masalah rasa kuliner Ikan Panggang Paccak tidak bisa diragukan lagi, "Lamak Bana" dalam bahasa pesisirnya yang artinya enak sekali, dari aroma harum disaat dibakar sudah membuktikan kalau kuliner ini sangat enak dan nikmat, nah untuk itu mimin share deh Resep dan Cara memasak Ikan Panggang Paccak.

Berikut adalah resep dalam pembuatan nya :

Bahan
500 gram ikan kakap merah
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
1 sdt garam
½ butir kelapa, parut
100 ml air
Haluskan
10 buah cabai merah keriting
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 buah tomat merah
3 cm kunyit
2 cm jahe
3 cm lengkuas
1 ½ dt garam

Cara membuat
  1. siangi ikan, sayat kedua sisinya, cuci bersih. Lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, biarkan selama 20 menit.
  2. campur kelapa parut dengan air, remas-remas, lalu peras santannya. Campur santan dengan bumbu yang telah dihaluskan, aduk rata.
  3. balurkan bumbu bersantan ke seluruh badan ikan, lalu panggang sambil dibolak-balik sampai ikan matang, angkat, sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagai artikel seputar Tapanuli tengah - Sumatera Utara